Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Saya dan Linux

Sampai saat ini saya sering ditanya masalah sistem operasi oleh teman saya. Mereka hampir selalu mengeluhkan sistem operasi ilegal yang mereka pakai sering terkena virus dan jawaban saya hampir selalu berupa ejekan. Meskipun ejekan, di dalamnya saya selalu memberikan solusi berbasis perangkat lunak kode terbuka dan bahkan bersedia membagikan cd instalasi, sebuah kampanye pribadi terbatas.

Pada dasarnya saya bisa saja menyelesaikan masalah mereka karena sistem yang mereka pakai sama dengan sistem yang dipakai dalam ±97% komputer di instansi saya. Namun saya lebih suka memberikan sesuatu yang tidak menjerumuskan mereka nantinya. Toh yang saya lakukan, biasanya, menyarankan sistem dual boot terlebih dahulu sebelum beralih 100%. Distro yang biasanya saya bagikan adalah ubuntu. Saya pun menggunakannya pada salah satu komputer jinjing penunjang kerja saya.

Sebagai seorang pengembang lepas saya tidak terpengaruh dengan berbagai macam distribusi. Namun saya tetap tidak bisa berpaling dari slackware yang saya kenal sejak tahun 2003 yang lalu. Selain itu dalam sebulan terakhir saya juga mencoba untuk mempelajari debian sebagai distribusi ke-dua saya. Perpaduan distribusi yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan, dan distribusi yang terkenal stabil.

Lalu apakah yang sudah saya kerjakan dalam dunia linux? Belum ada. :mrgreen:

Semoga saja ada sesuatu yang membuat saya segera memberikan kontribusi. 😆

Kategori: /ego

Tag: , , ,

Leave a Reply