Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

HP Compaq 2210b dan Windows XP

Kemarin saya diberi sebuah pekerjaan rumah oleh teman sekantor saya untuk menginstalasikan Windows XP di laptop inventaris kantor yang ia pegang. Sebelumnya ia sudah mencoba melakukan instalasi menggunakan dvd yang diberikan oleh vendor bila instansi ingin men-downgrade sistem operasi yang sudah ada, karena komputer telah terinstalasi Windows Vista, namun usahanya sia-sia karena sistem akan restart saat mulai me-load driver perangkat keras.

Saya diberitahu sebelumnya bahwa untuk melakukan instalasi ke perangkat laptop yang notabene baru harus menggunakan disket yang berisi driver chipset I/O controller. Jadi harus menggunakan usb floppy drive dan menekan f6 pada saat pilihan tambahan driver waktu melakukan instalasi. Dan semalam pun saya mencoba namun hasilnya hardisk belum bisa terdeteksi juga.

Penasaran dan iseng, saya pun mencoba untuk masuk ke bios dengan menekan f10 waktu awal menyalakan kembali laptop dan mencari sesuatu yang berhubungan dengan perangkat hardisk. Pada menu “System Configuration” dan sub menu “Device Configuration” saya menemukan pengaturan “SATA Native Mode” yang berisi enable. Saya memperkirakan ini yang saya cari dan mengganti isi dengan disable.

Dan, ternyata Windows XP berjalan sampai dengan tampilan desktop. * Waduh! Sudah pusing tujuh keliling ternyata cuma begini! *

Kategori: /dev

Tag: ,

6 Responses

  1. rizki says:

    makasih gan..ptunjuknya…

  2. mhd hafiz says:

    makasih banyak infoermasinya….semoga tambah sukses….

  3. anton says:

    Terima Kasih Abang atas masukkannya, karena sangat berguna sekali. sekali terima kasih

Leave a Reply