Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Slackware dan GlobeTrotter Fusion+

Akhirnya saya bisa melakukan koneksi internet seperti yang saya inginkan. Yaitu dengan modem yang telah saya beli dari jakartanotebook.com dengan menggunakan koneksi telkomsel flash.

Setelah selesai menginstalasikan Slackware Linux kamis sore, saya telah mengobok-obok modul kernel yang dipakai setelah saya memasang modem dan menemukan /dev/noz* sebagai node modem. Saya mencoba beberapa artikel yang pernah saya unduh namun sepertinya saya salah, karena semua artikel tersebut mengarahkan pada driver usbserial. Saya mengunduh artikel tersebut karena mulanya saya mengira perangkat modem ini dari fungsi dan koneksinya.

Kemarin siang saya menemukan sebuah daftar dari kartu data berbasiskan pcmcia. Meski daftar lama, namun modem yang saya pakai ada di situ, yaitu dengan serial NF, dan memang menggunakan driver nozomi. Namun bagaimana cara koneksinya?

Mencari menggunakan mbah google, saya menemukan Using Orange Option GlobeTrotter 3G+ / Mobile PC Card dan mencoba melakukan koneksi dengan PPP. Namun sepertinya gagal, karena saya tidak dapat melakukan koneksi ke ‘alam lain’ dari laptop saya. Akhirnya saya menyerah. 🙁 *Tapi saya bersyukur, tanpa mencoba ini saya akan lebih tidak mengerti lagi perintah-perintah ‘AT’ dkk. :mrgreen: *

Masih mencari lagi, akhirnya saya menemukan artikel GlobeTrotter (GPRS) HowTo, Getting the original Option GPRS datacard to work yang ternyata adalah situs yang pertama kali saya temui. Dari judulnya yang seram saya tidak sangsi lagi bahwa inilah yang saya cari, dan memang sebuah manual yang lengkap. Dari melihat daftar isi, saya langsung menuju bagian 2.4 Using wvdial. Karena saya telah melakukan instalasi wvdial dan wvstreams sebelumnya dan sekilas dari hasil pencarian saya menyimpulkan model koneksinya lebih mudah. Dan berhasil!

Berikut isi dari berkas ‘/etc/wvdial.conf’

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/noz0
Baud = 115200
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”INTERNET”
Phone = *99#
Username = ‘
Password = ‘
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 0
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 3000
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1

Akhirnya, selamat mengoprek teman-teman… * hanya seperti itu ternyata :doh: *

Kategori: /tips-n-trick

Tag: , , ,

2 Responses

  1. gnine says:

    Selamat deh… akhirnya your brain is not small anymore qeqeqeqeqeqe
    btw, itu pake Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”INTERNET” gak ganti INTERNET jadi FLASH yah…
    atau krn aku langgananya yg TIMEBASED ya bukan yg unlimited

    yup pinter… anda benar… your brain memang is not small … 😛
    anda memang layak jadi slacker om.. :mrgreen:
    memang untuk unlimited pake INTERNET om 😀

  2. […] konfigurasi saya pada slackware, malam ini saya mencoba untuk mengotak-atik konfigurasi untuk si […]

Leave a Reply